Kamis, 04 April 2013

Cerpen Tidak Seutuhnya Cantik


Tidak Seutuhnya Cantik

Pada  saat  aku  pertama  masuk  di  kelasku  yang  baru,  aku  bingung  duduk  dimana  karena  tempat  duduknya  hampir  penuh.  Tiba-tiba  aku   terpikir   untuk  memilih  duduk  disebelah  anak  cantik  yang  berjilbab.
Aku berkata  “ Apakah aku boleh duduk disini ? ”
Dia menjawab  “ Oh  tentu saja boleh ”
Lalu Aku berkata  “ Terima kasih ”
Lalu  aku  duduk  disebelahnya  dan  berkenalan  dengannya.  Dia  bernama  Aricha.  Kami  juga  berbincang-bincang  tentang  kelas  yang   kami  tempati  tahun  lalu.  Dalam  satu  hari  saja  aku  merasa  senang  berteman  dengannya.  Setiap  hari  aku  juga  merasa  seperti  itu.  Juga  semakin  hari  aku  sema  Menurutku  dia  anak  yang  baik, pintar, dan  tidak  sombong.  Dia  juga  taat  beribadah,  juga  sering  melaksanakan  puasa  sunnah.
Setelah  satu  bulan,  aku  mulai  akrab  dengan  teman  sekelasku.  Teman-teman  juga  sudah  mulai  mengenalku.  Aku  juga  mulai  tahu  siapa  saja  yang   termasuk  anak  pintar  di  kelas.  Suatu  hari,  ada  salah  satu  temanku  yang  mengejekku  dengan  kata-kata  yang  sangat  menusuk  hati.
“ Heh  kamu,  anak  yang  tidak  tahu  diri,  berkaca  sana  mukamu  seperti  apa  itu ”  Ejek  salah  satu  temanku  yang  ditujukan  kepadaku  dan  langsung  didepanku.
Aku  hanya  bisa  diam  dan   aku  tidak  berontak  sama  sekali  karena  aku  tidak  ingin  membuat  masalah  dengannya.   Aku  tidak  tahu  mengapa  dan  apa  yang  membuat  temanku  berkata  seperti  itu.  Kata-kata  itu  juga  dikatakan   berkali-kali  dan  tidak   hanya   satu  anak  yang  mengatakannya.  Setiap  hari  aku  selalu  terheran  dan  terus  bertanya.
Suatu  hari  aku  mencurahkan  hatiku ke mamaku  tentang  kejadian  disekolah.
“ Ma, aku  heran  sama  teman-temanku,  mereka  mengejekku  dengan  kata-kata  yang  menusuk  hati dan  aku  tidak  tahu  maksudnya  apa ”  Aku  berkata  dengan  sedih
“ Sudah  tidak  usah  dimasukkin  ke  hati,  anggap  saja  angin  itu  sebagai  yang  hanya  lewat ”  Kata  mamaku  sambil  menghiburku.
Namun,  semakin  lama  semakin  sering  mereka  mengejekku.  Kata-kata  yang  mereka  ucapkan  lebih  menusuk  hati  daripada  sebelumnya.  Kata-kata  itu  juga  sangat   melecehkan  harga  diriku.  Terutama  anak  laki-laki.
“ Heh,  kamu  itu  buat  apa  kamu  pakai  jilbab  kalau  tingkah  lakumu  seperti  itu,  lepas  aja  jilbab  itu ”  Ejek  temanku  dengan  sangat  kasar.
Benar-benar  aku  tidak  habis  pikir,  kata-kata  yang  dilontarkannya  sangat  kasar. Seolah  aku  ini  orang  yang  hina  dan  sangat  tidak  ada  harganya  bagi  mereka.  Semakin  hari  semakin  menjadi  kebencian  mereka  kepadaku.  Aku  tidak  tahu  harus  berbuat  apa.  Aku  hanya  bisa  berdo’a  kepada  Tuhan  atas semua  yang  terjadi.
Satu  semester  telah  berlalu,  namun  mereka  tetap  seperti  itu  kepadaku.  Lebih  parah  lagi  beberapa  anak  dari  kelas  lain  juga  seperti  itu.  Kata-kata  yang  mereka  lontarkan  semakin  kasar  dan  tidak  senonoh.
“ Cewek,  kamu  cantik  banget  sih,  nanti  malam  mau  gak  tidur  sama  aku,  berapa  sih  pasti  aku  bayar  kok ”  Kata  salah  satu  anak  dari  kelas  sebelah
“ Eh,  cewek  pelacur  lewat,  tapi  kok  pakai  jilbab  ya ”  Kata  anak  lain  dari  kelas  yang  berbeda.
“ Ya  Tuhan  sungguh  aku  sangat  hina  dimata  mereka,  mengapa  seperti  itu  Tuhan ”  Kataku  dalam  hati  sambil  menitihkan  air  mata  di  kelasku  sepi.
Tiba-tiba  temanku  bernama  Rival  datang  dan  melihatku  sedang  menangis.  Dengan  spontan  aku  mengusap  air  mataku.  Rival  menghampiriku  dan  bertanya  kepadaku.
“ Mengapa  kamu  menangis ? ”  Tanya  Rival  kepadaku
“ Tak  apa  kamu  tidak  cerita  kepadaku, tapi  aku  ingin  bertanya  satu  hal  dan  kamu  jangan  tersinggung,  Apakah  benar  yang  dikatakan  anak-anak  bahwa  kamu  seorang  pelacur ? Maaf ya”  Kata  Rival  sambil  menatapku.
“ Tentu  saja  tidak  Rival  aku  bukan  orang  yang  seperti  itu  dan  takkan  seperti  itu,  siapa  yang  cerita  kalau  aku  seperti  itu ? ” Kataku  sambil  menangis  lagi
“ Jangan  marah  aku  hanya  butuh  kepastian  aja kok, maaf  ya,  Aricha  yang  bilang  seperti  itu ” Jawab Rival.
“ Tidak  mungkin  Aricha  yang  memfitnahku  seperti  itu,  aku  tahu  Aricha ”  Bantahku  terhadap  perkataan  Rival.
“ Tapi  kenyataannya  memang  seperti  itu  anak  satu  kelas  adalah  saksinya ”  Diperjelas  oleh  Rival
Ternyata  Aricha  adalah  orang  yang  membuatku  menjadi  hina  dan  tidak  punya  harga  diri  dimata  semua  orang.  Tidak  kusangka,  orang  yang  aku  kenal  baik  ternyata  menusukku  dari  belakang.  Aku  hanya  bisa  berdo’a  supaya  kalian  semua  sadar  atas  semua  ini.  Akhirnya,  aku  pindah  sekolah  karena  namaku  benar-benar  sudah  tercoreng  di  sekolah  itu.  Hanya  beberapa  guru  dan  keluargaku   yang  tahu  aku pindah  ke sekolah  mana.  Kata-kata  terakhir  yang  ingin   aku  ucapkan  untuk  Aricha  “ Sungguh  kamu  cantik  tapi  tidak  seutuhnya ”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar